Mendidik anak bisa diibaratkan seperti merawat bunga, dimana biji adalah anak, lingkungan keluarga sebagai tanahnya, kasih sayang merupakan airnya, cahaya mataharinya dari lingkungan sekitar. Ketika biji sudah ditanam, untuk tumbuh dan berkembang yang dibutuhkannya hanya tanah yang subur, air yang cukup, dan cahaya matahari yang mencukupi. Itulah beberapa hal yang disampaikan oleh Dr. Ed. Murni Ramli dari Pusat Studi Jepang LPPM UNS, pada parent gathering kelas 2 SDII Al Abidin, di aula sekolah, Sabtu (31/1).

Pembicara yang juga dosen FKIP Biologi UNS ini lantas melanjutkan, jika daun sudah tumbuh, tidak perlu diberi pupuk yang berlebihan hanya karena ingin segera melihat bunganya mekar, karena tanaman akan tumbuh dengan kecukupan unsur hara di tanah, air, dan cahaya. Demikian pula anak, dia harus tumbuh dan berkembang tanpa percepatan tetapi harus secara alami.

Audience yang merupakan orang tua siswa merasa puas dengan pemaparan yang disampaikan pembicara, karena disampaikan 29 tips bagaimana agar anak berkembang dengan optimal.