Joglosemar – Suasana ramai ketika memasuki area SDII Al Abidin Surakarta di Banyuanyar, Banjarsari. Kedatangan ratusan anak TK se-Surakarta plus para orangtua yang datang mengantarnya menambah suasana makin meriah. Sebanyak 350-an anak TK se-Surakarta berkumpul di sebuah aula dalam rangka kegiatan Al Abidin Creativity Day. Acara tersebut menyajikan lomba mewarnai, lomba hafalan surat pendek serta hafalan surat sehari-hari mulai dari tingkat TK kelas A dan B, Sabtu (30/1).

Acara yang pertama kali diadakan, diambil beberapa juara mulai dari I,II dan III serta juara harapan. Namun dalam kesempatan ini, pihak sekolah telah mempersiapkan sejumlah door prize yang menginginkannya mengingat ini hanyalah event penyaluran bakat kreativitas anak. Salah satu panitia, Taufiq Ma’ruf mengatakan bahwa kegiatan Al Abidin Creativity Day dimaksudkan sebagai ajang pengenalan SDII Al Abidin dalam tahun ajaran baru mendatang. “Kegiatan Al Abidin Creativity Day ini selain sebagai ajang olah bakat kreativitas anak TK se-Surakarta, juga wadah promosi bagi calon siswa baru di SDII Al Abidin Surakarta bagi yang berminat mendaftarkannya. Dalam penerimaan siswa baru, sekolah terus mengalami kenaikan yang signifikan sekitar 70 persen di tiap tahunnya,” terangnya saat ditemui Joglosemar di sela-sela acara, Sabtu (30/1).

Mulai tahun depan, pihak sekolah Al Abidin akan menyelenggarakan beberapa tambahan jam belajar dengan mengenalkan lima bahasa asing. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan sejak dini kepada mereka tentang bahasa internasional yang kerap dipergunakan. Antara lain bahasa Inggris, bahasa Jawa, bahasa Jepang, bahasa Arab serta tidak ketinggalan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama bangsa Indonesia. “Kami akan mengadakan pelatihan lima bahasa asing kepada para siswa. Walaupun sampai saat ini masih terkendala soal Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam bahasa Jepang dan Inggris,” tuturnya.

Salah seorang siswi, Rosika (5), dari TK dari TK Khoiru Ummah menyebutkan keinginannya bersekolah selain belajar juga bisa menambah teman bermain. “Saya senang bisa ikut lomba mewarnai, tidak takut dilihat banyak orang karena banyak temannya”. (Bonus Wibowo Bramhartyo)