• Apa Manfaat Mewarnai bagi Anak?

Aktivitas mewarnai merupakan buah dari pembelajaran dan penghayatan seorang anak. Berfungsi untuk membantu mengembangkan kecerdasan otak anak, khususnya untuk melatih otak kanan dalam bidang seni.

Mewarnai sangat baik bila diperkenalkan sejak dini oleh anak usia pra sekolah dasar, tetapi yang harus kita ingat, jangan pernah melarang anak untuk mengkreasikan imajinasinya dalam segi pewarnaannya. Biarkan imajinasinya berkembang sendiri.Sebaiknya beri penghargaan terlebih dahulu kemudian gali alasannya kenapa ia memilih warna itu. Kita akan takjub dan kagum mendengarnya karena jawaban mereka merupakan cerminan dari imajinasinya.

Pada tahap awal agar anak mendapatkan hasil yang lebih baik, kita dapat mengarahkan mereka untuk belajar mewarnai terlebih dahulu. Kemudian pada tahap selanjutnya baru mengarahkan anak untuk menggambar.

Menurut Femi Olivia dalam bukunya Gembira Bermain Corat-Coret, mewarnai merupakan suatu bentuk kegiatan kreativitas, dimana anak diajak untuk memberikan satu atau beberapa goresan warna pada suatu bentuk atau pola gambar, sehingga terciptalah sebuah kreasi seni.

Ada banyak manfaat mewarnai bagi anak, yaitu:

1. Melatih anak mengenal aneka warna dan nama-nama warna
2. Melatih anak untuk memilihi kombinasi warna dan membantu anak untuk belajar keserasian dan keseimbangan warna
3. Stimulasi daya imajinasi dan kreativitas
4. Melatih mengenai objek sehingga anak memahami detail objek yang akan diwarnai terlebih dahulu sebelum mereka mewarnai
5. Melatih anak membuat target. Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Jadi, anak belajar untuk menyelesaikan tugas yang dihadapinya sesuai target.
6. Melatih anak mengenal garis batas bidang.
7. Dimasa awal ketika anak memulai aktifitas mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar dihadapannya. Hal tersebut wajar-wajar saja, biarkan anak merasa nyaman dan excited terlebih dahulu dengan aktivitas mewarnainya
8. Melatih keterampilan motorik halus anak sebagai salah satu sarana untuk mempersiapkan kemampuan menulis
9. Melatih kemampuan koordinasi antara mata dan tangan. Mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon.
10. Mengembangkan kemampuan motorik
11. Melatih konsentrasi dan ketahanan mental terhadap lingkungan.

Yuk, ajak anak kita mewarnai bun 😍