SD Islam International (SDII ) Al Abidin, meluncurkan ekstrakurikuler (eskul) baru yaitu olah raga memanah. Peluncuran ditandai dengan aksi memanah yang dilakukan kepala SDII Al Abidin, Farida Nuraini, di sekolah setempat, Selasa (11/8).

Ditemui seusai acara, guru koordinator eskul memanah, Kuntadi, mengemukakan diadakannya eskul memanah tersebut selain untuk mengasah bakat dan kompetensi siswa dalam olah raga memanah, sekaligus memperkenalkan kepada mereka tentang sunah Rosul yang diantaranya memiiki keterampilan dalam bidang olah raga memanah, berenang, dan berkuda.

“Memanah ini merupakan sunah Rosul, disamping berenang dan berkuda. Melalui olah raga ini, anak-anak juga diajak untuk sedari kecil untuk cinta sunah Rosul tersebut”, ungkap Kuntadi.

Eskul memanah akan diadakan setiap sepekan sekali, yakni setiap Jum’at. Tercatat ada 40 siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas V yang terseleksi mengikuti eskul tersebut. Pelatihan yang diberikan mencakup penggunaan alat yang berupa busur dan anak panah.

“Anak-anak dilatih tidak hanya dari fisiknya tapi juga konsentrasinya untuk menembak sesuai sasaran”, imbuhnya. Setelah beberapa kali pertemuan latihan, lanjutnya, anak-anak akan dievaluasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit atlet potensial di bidang olah raga memanah.

Kuntadi mengatakan selain pelatihan untuk anak-anak peserta eskul memanah, pelatihan juga akan diadakan untuk para pembimbingnya. Untuk memfasilitasi pelatihan, katanya, peralatan untuk sementara disediakan oleh pihak sekolah.

Disamping itu sekolah juga akan mengadakan sosialisasi lebih lanjut pada orang tua siswa tentang eskul mamanah tersebut.

Ditemui terpisah, kepala bidang (Kabid) Olah raga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga (Disdikpora) Solo, Yusroni, mengapresiasi adanya eskul tersebut. Yusroni berharap dengan adanya eskul tersebut akan muncul bibit-bibit atlet di bidang olah raga memanah di Surakarta. (Sumber : Solopos)